Home > Trik Microsoft Excel > Fungsi SUM, MAX, AVERAGE, MIN, COUNT Pada Microsoft Excel

Fungsi SUM, MAX, AVERAGE, MIN, COUNT Pada Microsoft Excel

Dalam Microsoft Excel terdapat Fungsi yang sering digunakan antara lain :

  • SUM              : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  • AVERAGE    : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  • MAX             : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  • MIN              : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  • COUNT        : digunakan untuk mencara banyaknya data dari satu range

perhatikan contoh penggunaan fungsi-fungsi diatas :

Cara pengerjaan :

  • Jumlah Nilai pada cell F6 adalah “=Sum(C6:E6)” atau “+C6+D6+E6”
  • Total Nilai Kelas pada cell C16 adalah “=Sum(C6:C15)”
  • Rata-rata Nilai Kelas pada cell C17 adalah “=Average(C6:C15)”
  • Nilai Terendah pada cell C18 adalah “=Min(C6:C15)”
  • Nilai Terbesar pada cell C19 adalah “=Max(C6:C15)”
  • Jumlah Data pada cell C20 adalah “=Count(C6:C15)”

Untuk nilai TAS dan nilai Praktikum, dapat dilakukan penggandaan rumus formula / melakukan copy rumus hanya dengan menggerakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulany. sumber

Artikel lainnya mengenai:

Perintah Counta Pada Microsoft Excel

 

.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.